Dorong Peningkatan Pengabidan Masyarakat, Fakultas Agama Islam adakan Lokakarya Panduan PKM.

Selasa, 23 Januari 2024 08:00 WIB   Administrator

Fakultas Agama Islam melaksanakan kegiatan Lokakarya  Penyusunan Panduan Pengabdian Kepada Masyarakat pada 23/1/2023. Bertempat ri Ruang Micro Teaching  FAI, lokakarya ini bertujuan untuk membekali dosen Fakultas Agama Islam dalam pembuatan karya tulis sebagai salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi. Adanya lokakarya ini dapat menjadi sarana bagi dosen Fakultas Agama Islam untuk dapat mengembangkan diri dalam program pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk Jurnal Pengabdian berbasis bahasa Inggris.

Universitas Muhammadiyah Malang  telah menetapkan 5 sasaran strategis pengabdian Dalam rencana strategis atau biasa disingkat Renstra pengabdian tahun 2023. Renstra tersebut antara lain dalam bidang pangan, keteknikan, pendidikan dan psikologi, sosial dan humaniora, serta kesehatan dan lingkungan.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Agama Islam, Dr. Khozin., M.Si , menyampaikan hendaknya dosen dapat membuat buku ajar dalam proses belajar mengajar di kampus. Buku ajar tersebut dapat berbentuk abuku referensi atau monograf. Hal ini penting dilakukan dosen agar dapat menunjang proses belajar-mengajar lebih maksmal.

Lebih lanjut, Dr Khozin menyampaikan, dalam proses belajar mengajar itulah dapat lahir suatu karya ilmiah dan karya iliah tersebut dapat ditindak lanjuti menjadi sebuah research yang kemudian menjadi output pengabdian kepada masyarakat” jelasnya.

Acara dilanjutkan oleh Bapak Wakil Dekan III Fakultas Agama Islam, Bapak Imamul Hakim, M.Sy yang menekankan pentingnya panduan untuk pembuatan pengabdian kepada masyarakat bagi Dosen Fakultas Agama Islam UMM. “kita perlu menyeragamkan format dan templet pembuatan PKM, agar ada korelasi antara satu kajian keilmuan dengan lainnya dalam Fakultas Agama Islam ini, mengingat kita ada 4 prodi yaitu, Pendidikan Agama Islam, Hukum Keluarga Islam, Ekonomi Syariah dan Pendidikan Bahasa Arab’’ tandasnya.

   

Fakultas Agama Islam segera meluncurkan jurnal sebagai wadah penelitian dan pengabdian dosen Fakultas Agama Islam bernama jurnal Qudwah (Journal of Islamic Dedication) dengan Bahasa Inggris dan terget terakreditasi sinta 2.

Acara diakhiri dengan penjelasan dari Tim Penyusun Pedoman PKM bagi Dosen FAI, adapaun tim penyusun antara lain, Bapak Dr.Muhamamd Fadhil, M.A., Bapak Fadilla Muhammad Mahdi S.E.,M.Si., Luciana Anggraeni, S.Sy.,M.H., R.Tanzil Fawaiq Sayyaf, S.Sy.,M.H.,Afifah Nur Millatina, S.E.,M.SEI, Sri Cahyanhing Ummu Salamah dan Annisatu Toyyibah S.Hum.M.Hum. (Risqi Evalina)

Shared: