Prodi HKI Siapkan Strategi Perkuliahan di Era New Normal

Sabtu, 20 Juni 2020 09:20 WIB   Administrator

 
Seluruh Dosen Prodi HKI FAI UMM melakukan rapat bersama di Ruang Micro Teaching pada Kamis, 18 Juni 2019 untuk menyusun strategi pembelajaran semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Sekaligus menyambut mahasiswa baru dengan model perkuliahan yang lebih baik dengan menggagas beberapa pendekatan agar diakhir proses perkuliahan selama satu semester dapat menghasilkan sebuah produk hasil perkuliahan mahasiswa dengan dosen pengampu. 
 
Rapat dibuka oleh Kepala Prodi HKI, Arif Zuhri, Lc,. M.Ag yang dihadiri oleh M. Sarif, M.Ag, Wadek 2 FAI UMM beserta jajaran dosen Prodi HKI lainnya. Kaprodi HKI menekankan bahwa pelaksanaan pendidikan dengan skenario blended learning adalah yang paling tepat dalam metode perkuliahan pada masa new normal yang akan dimulai pada September 2020 dengan menggunakan beberapa platform yang sedang disiapkan secara matang oleh pihak Universitas yaitu LMS yang wajib digunakan untuk mahasiswa baru. Wadek 2 menambahkan bahwa Universitas telah mempersiapkan fasilitas tempat cuci tangan di pelbagai sudut yang dianggap strategis untuk menunjang pengamanan kesehatan di era new normal.
 
Selain membahas tentang hal tersebut, Kaprodi HKI juga menyampaikan hal terkait dengan sosialisasi Key Performance Index yang selanjutnya dijelaskan secara detail oleh Hasnan Bactiar, MIMAdv. Sebagai dosen yang mempunyai tanggung jawab melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang di dalamnya termasuk hal pengajaran, dosen harus terus mengupdate materi pembelajaran setiap tahunnya serta mempersiapkan RPS sebagai bahan acuan agar mahasiswa mempunyai inisiatif membaca sebelum masuk kelas melangsungkan perkuliahan sehingga mahasiswa dapat saling berdiskusi secara efektif tidak hanya model ceramah satu arah dari dosen. Diakhir perkuliahan diharapkan dapat menghasilkan suatu produk akademik sebuah tulisan berbentuk publikasi jurnal atau buku yang dapat meningkatkan kualitas dan produktivitas civitas akademik Prodi HKI. 
Shared: