Peringati Hari Ibu, Prodi HKI-UMM rayakan bersama TP PKK Kelurahan Purwantoro

Selasa, 21 Desember 2021 09:31 WIB   Administrator

Program Studi Hukum Keluarga Islam bekerjasama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kelurahan Purwantoro menyelenggarakan acara tukar kado dalam rangka hari ibu yang jatuh pada hari Rabu 22 Desember 2021 . Acara yang bertempat di Aula Kelurahan Purwantoro ini dihadiri oleh seluruh Ibu-Ibu TP PKK yang diketuai oleh Ibu Risqi Evalina, ST sebagai Ibu Lurah sekaligus Ketua TP PKK Kelurahan Purwantoro Kota Malang. Ibu Risqi, begitu ia disapa, juga adalah staf di Program Studi Hukum Keluarga Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Malang.

Dalam sambutannya, Ibu Risqi menuturkan pentingya peran ibu PKK dalam masyarakat, khususnya kelurahan Purwantoro.  “Peran ibu2 PKK di wilayah kerja kami bukan hanya sebagai istri dan ibu bagi keluarganya, tetapi merupakan ujung tombak bagi keberhasilan suatu wilayah.  Karena di tangan mereka  inilah tercipta ide-ide kreatif yg akan berguna bukan hanya bagi  institusi yg bergelar PKK tetapi juga bagi keluarganya” jelasnya.

Selain acara memperingati hari ibu, TP PKK keluarahan Purwantoro memiliki banyak program. Progam-program dan giat warga tersebut lahir dari ide kreatif  serta semangat para Ibu PKK, hal ini sangat diapresiasi oleh Bu Lurah,  “seluruh anggota PKK Kelurahan Purwantoro adalah ibu-ibu hebat. Mereka juga  ibu-ibu  tangguh karena tak kenal capek.  Walaupun disibukan dengan urusan keluarga yang seabrek. Selain itu, ibu ibu PKK  tidak kenal malu dan gengsi untuk melakukan suatu yg bermanfaat untuk orang lain” tutur Ibu satu anak ini.

Selain memperingati hari ibu, acara ini juga untuk perkenalan Lurah dan Ketua TP PKK baru secara lebih resmi. Lurah Kelurahan Purwantoro adalah Bapak Dwi Cahyono, S.T.,M.MT.,  dan Ketua TPP PKK adalah Ibu Risqi Evalina, S.T. Keduanya merupakan alumni dari Universitas Muhammadiyah Malang. Dengan sinergitas keduanya, banyak masyarakatan kelurahan Purwantoro berharap perubahan kearah lebih baik.

Harapan yang sama pula disampaikan Pak Dwi sebagai Lurah baru. “besar harapan saya agar kita semua, baik dari unsur kelurahan dan juga unsur masyarakat saling berkerjasama dan saling bersinergi untuk memberi dampak positif bagi seluruh masyarakat Purwantoro. InshaAllah saya akan bekerja keras, cerdas dan ikhlas untuk kemajuan kita semua ” paparnya.

Kelurahan Purwantoro berhasil menoreh beberapa prestasi. Salah satunya adalah kampung Glintung yang mampu mengaplikasikan pertanian di tengah perkotaan. Mengusung konsep urban farming, Glintung Water Street (GWS),  akan menjadi percontohan di Kota Malang. Gaung urban farming mampu menopang ketahanan pangan dalam kampung yang dilakukan secara swadaya. 

Acara dilanjutkan dengan perlombaan antar RT untuk menjalin kebersamaan semua anggota TP PKK, pembagian bunga mawar dan cinderamata dari Prodi HKI-UMM serta ditutup dengan sesi doa dan foto bersama. (ika)

Shared: